Minggu, 24 November 2024

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB MI

 


CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB

KURIKULUM MERDEKA PADA MI PUI POGORSARI KAWALI

TAHUN PELAJARAN 2023-2024

 

 

A.      Rasional Mata Pelajaran Bahasa Arab

Bahasa Arab merupakan bahasa yang sangat penting untuk dikembangkan, karena di samping sebagai bahasa agama, ia juga sebagai bahasa internasional. Penguasaan bahasa Arab saat ini juga telah menjadi tuntutan sebagai konsekuensi dari adanya proses globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang berlangsung sangat pesat. Saat ini, bahasa Arab tidak  saja  dijadikan  sebagai bahasa studi agama, akan tetapi juga digunakan sebagai bahasa ekonomi, pariwisata, politik, dan keamanan global. Untuk merespon perkembangan tersebut, maka bahasa Arab juga tidak hanya cukup diajarkan dengan tujuan untuk memahami literatur keagamaan semata, namun juga harus diorientasikan pada penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan.

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah secara bertahap dan holistik diarahkan untuk menyiapkan peserta didik memiliki kecakapan berbahasa, yaitu:

a)    mampu mengekspresikan perasaan, pikiran, dan gagasan secara verbal-komunikatif;

b)   mampu menginternalisasi keterampilan berbahasa Arab dengan baik sehingga peserta didik menjadi terampil menggunakan bahasa Arab dalam berbagai situasi;

c)    mampu menggunakan bahasa Arab untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, pengetahuan umum, dan kebudayaan; dan d) mampu mengintegrasikan kemampuan berbahasa Arab dengan perilaku yang tercermin dalam sikap moderat, berpikir kritis, dan sistematis.

Pembelajaran bahasa Arab pada jenjang MI, MTs, MA/MAK diharapkan dapat membantu peserta didik berhasil mencapai kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Arab sebagai bagian dari life skills. Pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab umum adalah pendekatan berbasis teks (genre-based approach), pendekatan komunikatif, dan lain sebagainya.

Pendekatan berbasis teks (genre-based approach) yakni pembelajaran difokuskan pada teks dalam berbagai moda, baik lisan, tulisan, visual, audio, maupun multimodal. Tahapan dalam pendekatan berbasis teks ada empat yaitu:

1.         Building Knowledge of the Field (BKoF): Guru membangun pengetahuan atau latar belakang pengetahuan peserta didik terhadap topik yang akan ditulis atau dibicarakan. Pada tahapan ini, guru juga membangun konteks budaya dari teks yang diajarkan.

2.         Modelling of the Text (MoT): Guru memberikan model/contoh teks sebagai acuan bagi peserta didik dalam menghasilkan karya, baik secara lisan maupun tulisan.

3.         Joint Construction of the Text (JCoT): Guru membimbing peserta didik dan bersama-sama memproduksi teks.

4.         Independent Construction of the Text (ICoT): Peserta didik memproduksi teks lisan dan tulisan secara mandiri.

 

B.       Tujuan Mata Pelajaran Bahasa Arab

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah mempunyai tujuan untuk mempersiapkan peserta didik memiliki kemampuan menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasi global dan alat untuk mendalami agama dari sumber autentik yang pada umumnya menggunakan bahasa Arab dan melalui proses rantai keilmuan (isnad) yang terus bersambung hingga sumber asalnya yaitu Al- Qur’an dan Hadis.

 

C.      Karakteristik Mata Pelajaran Bahasa Arab

Pembelajaran bahasa Arab di madrasah diorientasikan untuk memberikan tiga kompetensi yaitu:

1.      Kompetensi berbahasa (al-kifayah al-lughawiyyah)

Sebuah kompetensi dasar dalam bahasa yang meliputi empat kemahiran berbahasa (al-maharat al-lughawiyyah) yaitu kemahiran mendengar (maharah al-istima’), kemahiran berbicara (maharah al-kalam), kemahiran membaca-memirsa (maharah al- qiraʹah – al-mu’ayanah), dan kemahiran menulis- mempresentasikan (maharah al-kitabah – at-taqaddumah). Keterampilan berbahasa tersebut harus dijalankan berdasarkan unsur-unsur bahasa (al-anashir al-lughawiyyah) yang baik dan benar meliputi: bunyi (ashwat), kosakata (mufradat), dan kaidah bahasa (qawa’id al-lughah).

2.      Kompetensi berkomunikasi (al-kifayah al-ittishaliyyah) Kompetensi untuk melakukan tindak tutur dengan bahasa target dalam berbagai konteks sosial secara lisan dan tulisan. Bahasa Arab hendaknya dilihat dari sudut pandang fungsionalitasnya, yaitu sebagai alat komunikasi. Jadi kompetensi berkomunikasi ini menjadi hal penting yang harus diajarkan.

3.      Kompetensi berbudaya (al-kifayah al-tsaqafiyyah)

Pembelajaran bahasa Arab disamping membelajarkan bahasa, ia mengandung pesan-pesan budaya dari bahasa itu sendiri, budaya yang dikandung dalam hal ini adalah budaya Arab Islam (tsaqafah arabiyyah islamiyyah), budaya global umum (tsaqafah ‘alamiyyah ‘ammah), dan budaya lokal khusus (tsaqafah mahalliyah khashshah). Kandungan budaya ini tercermin dalam tema-tema atau topik yang diangkat dalam pembelajaran, misalnya perkenalan, hobi, profesi, kegiatan liburan dan wisata, cinta Indonesia, pelestarian lingkungan, teknologi informasi dan komunikasi, tokoh-tokoh Islam, haji umrah, hari-hari besar Islam, dll.

 

Berdasarkan hal di atas, tiga kompetensi yang menjadi target pembelajaran bahasa Arab yaitu kompetensi berbahasa, kompetensi berkomunikasi dan kompetensi berbudaya digabungkan dalam kerangka komponen pembelajaran meliputi:

Komponen Pembelajaran Bahasa Arab

Kemahiran Berbahasa

Unsur Bahasa

Tema/Topik

Ungkapan Komunikatif

Menyimak Berbicara Membaca Memirsa Menulis

Mempresentasikan

Sistem bunyi, kosakata, pola kalimat/ gramatikal

Tema/topik pembelajaran yang mengandung aspek budaya lokal, religi, internasional.

Ungkapan untuk melakukan tindak tutur dalam bahasa target

 

Pembelajaran bahasa Arab juga nantinya akan terbagi dalam beberapa fase yaitu fase A, B, C, D, E, dan F dengan peta jalan capaian sebagai berikut:

ELEMEN

FASE A

Kelas I-II

FASE B

Kelas III-IV

FASE C

Kelas V-VI

-   Menyimak

-   Berbicara

Mendengarkan secara intensif: peserta didik mampu mendengarkan komponen bahasa seperti fonem, kata, intonasi, penanda wacana.

 

Berbicara secara imitasi:

peserta didik mampu meniru kata, frasa, kalimat.

Mendengarkan secara responsif: peserta didik mampu memahami perintah, sapaan, pertanyaan.

 

Berbicara secara intensif:

peserta didik mampu menggunakan bahasa Arab sesuai dengan gramatikal, frasa, leksikal, atau fonologis sebagai

alat komunikasi global.

Mendengarkan secara responsif: peserta didik mampu memahami ide pokok dan membuat tanggapan sederhana.

 

Berbicara secara responsif: peserta didik

mampu merespon dengan bertanya, menjawab dalam percakapan yang sangat sederhana sebagai alat

komunikasi global.

-   Membaca

-   Memirsa

Membaca-Memirsa secara perseptif: peserta didik mampu

membaca huruf dan memahami kata, tanda baca dalam bentuk teks

tertulis atau teks visual

Membaca-Memirsa secara selektif: peserta didik mampu membaca dan memahami wacana yang sangat sederhana dalam teks tertulis atau teks visual

Membaca-Memirsa secara selektif: peserta didik mampu membaca dan memahami wacana yang singkat dalam teks tertulis atau teks visual

-   Menulis

-   Mempresenta sikan

Menulis - Mempresentasikan secara imitasi: peserta didik mampu meniru dan memaparkan huruf, kata, tanda baca, dan kalimat yang sangat sederhana.

Menulis - Mempresentasikan secara intensif: peserta didik mampu menghasilkan dan memaparkan kosakata yang sesuai dalam konteks dan tata bahasa yang

benar.

Menulis - Mempresentasikan secara intensif: peserta didik mampu menghasilkan dan memaparkan kosakata yang sesuai dalam konteks dan tata bahasa yang

benar.

 

D.      Elemen Mata Pelajaran Bahasa Arab

Adapun elemen dalam capaian pembelajaran mengintegrasikan komponen pembelajaran bahasa Arab di atas sebagai pemandu adalah kemahiran berbahasa berikut:

Elemen

Deskripsi

-   Menyimak

-   Berbicara

Menyimak adalah kemampuan memahami, mengidentifikasi, dan menginterpretasi fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan  tersirat,  nilai,  fakta  dan  opini,  solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang diperdengarkan.

 

Berbicara adalah kemampuan menyampaikan pesan singkat, mengajukan pertanyaan, mengomunikasikan informasi pada topik- topik tertentu, menyajikan pendapat dengan tepat, fasih, terampil, efisien dan efektif sesuai dengan budaya bahasa target.

-   Membaca

-   Memirsa

Membaca adalah kemampuan memahami, menginterpretasi dan menentukan fakta, ide pokok, urutan peristiwa, makna tersurat dan tersirat, nilai, fakta dan opini, solusi, manfaat, membaca tabel, membuat pertanyaan, dan menyimpulkan isi teks yang dibaca.

 

Memirsa adalah kemampuan memperhatikan, memahami, menggunakan, merefleksi, menganalisis, mengevaluasi, dan mengapresiasi struktur, isi, asumsi, nilai, keyakinan, fungsi sosial teks visual dan teks multimodal    sesuai   tujuan  dan kepentingannya.

-   Menulis

-   Mempresentasikan

Menulis adalah kemampuan menuliskan kata dan ungkapan, menyampaikan pesan, mengomunikasikan fakta dan ide dalam kalimat dan paragraf dengan memperhatikan kerangka waktu, struktur gramatikal, dan budaya bahasa target.

 

Mempresentasikan adalah kemampuan mempresentasikan,    mengkritisi      dan mengevaluasi gagasan secara jelas dan efektif, baik secara individu maupun berkolaborasi, dengan menggunakan strategi dan gesture yang tepat.

 

E.       Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa Arab

Fase A (Kelas I dan II Madrasah Ibtidaiyah)

Pada akhir fase A, peserta didik memiliki kemampuan memahami komponen bahasa, meniru huruf, kata, tanda baca, frasa, kalimat, membaca dan memahami teks tertulis atau teks visual, serta memaparkannya dalam kalimat yang sangat sederhana.

Elemen

Capaian Pembelajaran

-   Menyimak

-   Berbicara

Memahami komponen bahasa seperti fonem, kata, intonasi, penanda wacana tentang topik perkenalan, keluargaku, rumahku, madrasahku, hobiku, nama- nama buah, warna, alat transportasi, dan pemandangan alam dengan pola kalimat

من هذا؟ من هذه؟ ما هذا؟ ما هذه؟ هذا هذه.

-   Membaca

-   Memirsa

Memahami kata, tanda baca dalam teks tertulis atau teks visual tentang topik perkenalan, keluargaku, rumahku, madrasahku, hobiku, nama-nama buah, warna,           alat      transportasi,     dan pemandangan alam dengan pola kalimat

من هذا؟ من هذه؟ ما هذا؟ ما هذه؟ هذا هذه.

-   Menulis

-   Mempresentasikan

Memahami huruf, kata, tanda baca, dan kalimat yang sangat sederhana dengan benar tentang topik perkenalan, keluargaku, rumahku, madrasahku, hobiku, nama-nama buah, warna, alat transportasi, dan pemandangan alam dengan pola kalimat

من هذا؟ من هذه؟ ما هذا؟ ما هذه؟ هذا هذه.

 

Fase B (Kelas III dan IV Madrasah Ibtidaiyah)

Pada akhir fase B, peserta didik memiliki kemampuan memahami kosa kata, perintah, sapaan, pertanyaan, dan berbicara, membaca, memahami wacana yang sangat sederhana dalam teks tertulis atau teks visual, serta memaparkannya sesuai pola kalimat dan konteks secara tulis dan lisan.

Elemen

Capaian Pembelajaran

-       Menyimak

-       Berbicara

Memahami kosa kata, perintah, sapaan, pertanyaan tentang materi pelajaran, nama-nama binatang, penyakit, olahraga, teman-temanku, taman, alamat, profesi, cita-citaku, anggota keluarga, di rumah, dan cinta Indonesia dengan pola kalimat:

الضمير المنفصل، الضمير المتصل، اسم المفرد، اسم العلم.

-       Membaca

-       Memirsa

Membaca dan memahami secara tersurat wacana yang sangat sederhana berupa teks tertulis atau teks visual tentang materi pelajaran, nama-nama binatang, penyakit, olahraga, teman-temanku, taman, alamat, profesi, cita-citaku, anggota keluarga, di rumah, dan cinta Indonesia dengan pola kalimat:

الضمير المنفصل، الضمير المتصل، اسم المفرد، اسم العلم.

-       Menulis

-       Mempresentasikan

Memaparkan kosakata secara tertulis dan lisan yang sesuai konteks dengan topik materi pelajaran, nama-nama binatang, penyakit, olahraga, teman-temanku, taman, alamat, profesi, cita-citaku, anggota  keluarga,  di  rumah,  dan  cinta  Indonesia dengan pola kalimat:

الضمير المنفصل، الضمير المتصل، اسم المفرد، اسم العلم.

 

Fase C (Kelas V dan VI Madrasah Ibtidaiyah)

Pada akhir fase C, peserta didik memiliki kemampuan memahami informasi yang didengar, merespon percakapan yang sangat sederhana, membaca dan memahami wacana singkat dalam teks tertulis atau teks visual, serta memaparkannya sesuai pola kalimat dan konteks secara tulis dan lisan.

Elemen

Capaian Pembelajaran

-   Menyimak

-   Berbicara

Memahami informasi dan tanggapan sederhana tentang tema anggota tubuh, kebun binatang, di ruang tamu dan di ruang belajar, di perpustakaan, di kantin, jam, saya suka bahasa Arab, saya suka kegiatan liburan dan piknik dengan menggunakan pola kalimat:

إشارة للمفرد + اسم +النعت، المبتدأ والخبر، الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر، الفعل المضارع، الفعل الماضي.

-   Membaca

-   Memirsa

Mengenal dan memahami informasi secara tersurat wacana singkat dalam bentuk teks tertulis atau teks visual tentang anggota tubuh, kebun binatang, di ruang tamu dan di ruang belajar, di perpustakaan, di kantin, jam, saya suka bahasa Arab, saya suka kegiatan liburan dan piknik dengan menggunakan pola kalimat:

إشارة للمفرد + اسم +النعت، المبتدأ والخبر، الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر، الفعل المضارع، الفعل الماضي.

-   Menulis

-   Mempresentasikan

Memaparkan kosakata secara tertulis dan lisan yang sesuai tata bahasa dan konteks tentang anggota tubuh, kebun binatang, di ruang tamu dan di ruang belajar, di perpustakaan, di kantin, jam, saya suka bahasa Arab, saya suka kegiatan  liburan dan piknik dengan menggunakan pola kalimat:

إشارة للمفرد + اسم +النعت، المبتدأ والخبر، الخبر المقدم والمبتدأ المؤخر، الفعل المضارع، الفعل الماضي.

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB MI

  CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB KURIKULUM MERDEKA PADA MI PUI POGORSARI KAWALI TAHUN PELAJARAN 2023-2024     A.       Rasi...