Selasa, 22 Oktober 2024

Contoh Kisi-Kisi PAT Bahasa Arab Kelas 7

 



KISI-KISI PENILAIAN AKHIR TAHUN (PAT)

TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mata Pelajaran

:

Bahasa Arab

 

Kelas/Semester

:

VII/2

 

Alokasi Waktu

:

60 menit

 

Jumlah Soal

:

10

 

 

 

 

 

 

No

Kompetensi Inti (KI)

Kompetensi Dasar (KD)

Materi Pokok

Indikator Soal

Bentuk Tes

No. Soal

 

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.3 Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

العنوان

العنوان

Disajikan kalimat tidak lengkap tentang nomor HP dan susunan angka-angka:

۰٨۱٣٢٣٤٧٥٦٩٩ dan ٢٨٢ا٣٥٤٥٢٧٩, siswa dapat menentukan ungkapan yang tepat untuk jawaban tentang angka-angka tersebut.

 

Uraian

4

 

4.   Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

4.4   Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang:

العنوان

        dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

 

العنوان

Disajikan kalimat:

“Alamat rumahku jalan Syarif Husein nomor 9 Surabaya” dan “Alamatku di jalan Ahmad Yani Nomor 25 Desa Sukamaju Kota Bandung Provinsi Jawa Barat”, siswa dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Arab dengan tepat.

Uraian

1

العنوان

Disajikan kalimat tanya dengan kata tanya هَـلْ, siswa dapat menentukan struktur jawaban yang benar sesuai kata tanya tersebut dengan tepat.

Uraian

3

 

4.5   Menyusun teks sederhana tentang topik

العنوان

dengan memerhatikan   struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

العنوان

Disediakan kata-kata acak:

اِسْمُهُ - هُـوَ – فِي – أَبِي – يَقِيْنْ – اللُّغَةِ – مَدْرَسَةِ – الْعَرَبِيَّة – السَّيِّد – نَوْفَلْ – مُدَرِّسُ dan

فِي – مَسْعُدْ – هٰـذِهِ – السَّابِعُ – اِسْمِى – أَنَا – بِطَقَـتِيْ – الْفَصْلِ – طَالِبٌ

Siswa dapat menentukan susunan kalimat yang benar.

Uraian

2

 

4.   Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

4.4   Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang:

بيتي

        dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

 

بيتي

Siswa dapat mengungkapkan 5 benda yang ada di ruang tidur

Uraian

5

بيتي

Siswa dapat mengungkapkan 5 benda yang ada di ruang makan

Uraian

6

 

3.   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.3 Menemukan makna atau gagasan dari kata, frase dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan:

من يوميّات الأسرة

من يوميّات الأسرة

Disajikan kalimat bahasa Arab:

هٰـذِهِ صُوْرَةُ أُسْرَتِي، أُسْرَتِي كَبِيْرَهٌ وَ سَعِيْدَة dan

بَعْدَ صَلَاةِ الْعِشَاءِ نَعْمَلُ الْوَاجِبَ الْمَنْزِلِي فِي غُـرْفَةِ الْمُذَاكَرَةِ

siswa dapat menentukan terjemahan yang tepat

Uraian

7

من يوميّات الأسرة

Disajikan kalimat tidak lengkap:

        اَجْلِسُ ... الْكُرْسِيِّ

        اُصَلِّى ... الْمَسْجِدِ

        تَقُوْمِيْنَ ... الْفَصْلِ

siswa dapat menentukan haraf jar yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut.

Uraian

10

 

4.   Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori

4.4   Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang:

من يوميّات الأسرة

        dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat

من يوميّات الأسرة

Disajikan dua kalimat tanya dengan kata tanya مَاذَا, siswa dapat menentukan struktur jawaban yang benar sesuai kata tanya tersebut dengan tepat.

Uraian

8

4.5   Menyusun teks sederhana tentang topik

من يوميّات الأسرة

dengan memerhatikan   struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks

من يوميّات الأسرة

Disediakan tiga kalimat pernyataan berbentuk jawaban, siswa dapat membuat kalimat tanya dengan kata tanya ماذا، أيـن

Uraian

9

 

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

 

Khoeril Anwar, S.PdI

Kawali, 07 Juni 2020

Guru Mata Pelajaran

 

 

 

 

 

Yayan Sopyan, S.Ag

 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB MI

  CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP) BAHASA ARAB KURIKULUM MERDEKA PADA MI PUI POGORSARI KAWALI TAHUN PELAJARAN 2023-2024     A.       Rasi...