KOMPETENSI INTI (KI) DAN
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA ARAB
KELAS VII SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ baik secara lisan maupun tertulis 3.2 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المرافق والأدوات المدرسية baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : الألوان؛ baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik المرافق والأدوات المدرسية dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik الألوان؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
المبتدأ(ضمائرمفردة)؛ إشارةمفردة + الخبر(الصفة) والجهات؛الضمائرالمفردةالمتصلة |
KELAS: VII SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : العنوان baik secara lisan maupun tertulis 3.2
Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat
yang berkaitan dengan topik : بيتي baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : منيوميات الأسرة baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik العنوان ؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik بيتي ؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik منيوميات الأسرة ؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
الأرقام1 - 100؛خبرمقدم(الجهات،عند،اللام) + مبتدأمؤخر؛النعتالمفرد؛المبتدأ(المفرد/نحن) +الخبر(فعلمضارع) |
KELAS: VIII SEMESTER
GANJIL
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : الساعة baik secara lisan maupun tertulis 3.2 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : يومياتنافيالمدرسة baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : يومياتنافيالبيت baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik الساعة dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik يومياتنا في المدرسة ؛ dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik يومياتنافيالبيت ؛ dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
أسئلةعنالساعة؛الجملةالاسمية؛الجملةالفعليةوالفاعلالمفرد؛المفعوليه؛الجملة
أنواعالجمع |
KELAS: VIII SEMESTER
GENAP
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : المهنةوالمهنيونالرياضيون baik secara lisan maupun tertulis 3.2 Memahami
bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan
struktur kalimat yang berkaitan dengan topik : المهنةالطبية baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : عيادةالمرضى baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik المهنة والمهنيون الرياضيون dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik المهنةالطبية dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik عيادةالمرضى dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
(أن–لن–لِـ) + فعلمضارع؛المصدرالصريح؛الفعلالماضيوالجملةالفعلية |
KELAS : IX SEMESTER GANJIL
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : رأسالسنةالهجرية baik secara lisan maupun tertulis 3.2
Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat
yang berkaitan dengan topik : الحفل بمولدالرسول baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : نزولالقرآنوالعيدان baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik رأسالسنةالهجرية dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik الحفل بمولدالرسول dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik نزولالقرآنوالعيدان dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
(تصريفالفعلالماضي؛كانواسمهاوخبرهاالمفرد؛(لاالناهية،لم)+الفعلالمضارع؛المجردوالمزيدمنالفعلالثلاثي |
KELAS : IX SEMESTER GENAP
KOMPETENSI INTI |
KOMPETENSI DASAR |
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya |
1.1
Menyadari pentingnya kejujuran
dan percaya diri sebagai anugerah Allah dalam berkomunikasi dengan lingkungan
sosial sekitar rumah dan madrasah 1.2 Meyakini adanya motivasi internal (intrinsik) sebagai
anugerah Allah untuk pengembangan kemampuan berbahasa Arab 1.3
Mengamalkan sikap amanah
sebagai anugerah Allah untuk mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya |
2.1 Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam
berkomunikasi dengan lingkungan sosial sekitar rumah dan sekolah 2.2 Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik)
untuk pengembangan kemampuan berbahasa 2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji hazanah keislaman |
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
3.1 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : جمال الطبيعة baik secara lisan maupun tertulis 3.2
Memahami bunyi, makna, dan
gagasan dari kata, frase, kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat
yang berkaitan dengan topik : خالق العالم baik secara lisan maupun tertulis 3.3 Memahami bunyi, makna, dan gagasan dari kata, frase,
kalimat bahasa Arab sesuai dengan struktur kalimat yang berkaitan dengan
topik : الحفاظ على البيئة baik secara lisan maupun tertulis |
4. Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori. |
4.1 Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik رأس السنة الهجرية dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.2
Mendemonstrasikan ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik الحفل بمولدالرسول dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks 4.3 Mendemonstrasikan
ungkapan informasi lisan dan
tulisan sederhana tentang topik نزول القرآن والعيدان dengan
memperhatikan struktur teks
dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks |
Tarkib: |
فعلالأمروتصريفه؛الموصول(الذي،التي،الذين،اللاتي)؛اسمالتفضيل |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar